Tuesday, June 7, 2016

Wisata Alam Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Alam Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi .

www.wisataaku.id - Kota Bandung merupakan salah satu kota yang cukup favorit bagi para penikmat wisata, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan. Orang yang tinggal didaerah perkotaan tentunya akan lebih senang jika melakukan wisata ke daerah seperti pegunungan, air terjun, danau, pokoknya yang berbau alam. Di wisata alam kita bisa menikmati udara yang segar dan sejuk dan masih jauh dari polusi . Untuk bisa menikmati wisata alam untuk warga ibukota seperti jakarta kebanyakan yang menjadi tujuan utama mereka adalah tempat wisata yang berada di kota Bandung. Hal ini dikarenakan jaraknya dari ibukota tidak terlalu jauh kurang lebih sekitar 3 jam saja anda sudah bisa sampai di kota Bandung. Jika anda sudah sampai di kota Bandung dan binggung mau melakukan wisata alam kemana, berikut saya rekomendasikan beberapa wisata alam bandung yang wajib anda kunjungi diantaranya :

1. Gunung Tangkuban Perahu
Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu bisa dibilang tempat yang paling sering orang kunjungi. Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif dan sempat di tutup untuk wisata pada awal tahun 2015 karena adanya aktifitas vulkanik, tetapi saat sekarang ini sudah kembali dibuka untuk kegiatan wisata. Di gunung tangkuban perahu ini para pengunjung dapat menikmati keindahan kawah gunung yang masih mengeluarkan asap belerang.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung
Gunung Tangkuban Perahu

Taman Wisata Gunung Tangkuban perahu ini terdapat di jl.Raya Tangkuban Perahu, Sukajaya Lembang. Tempat wisata gunung tangkuban perahu ini buka setiap hari, di tangkuban perahu terdapat tiga kawah yang dapat kita kunjungi diantaranya :
- Kawah Ratu
Kawah Ratu Tangkuban Perahu merupakan kawah terbesar yang ada di tempat wisata tersebut. 
- Kawah Upas
Kawah Upas ini memang tidak sebesar Kawah Ratu tetapi masih enak untuk dikunjungi . Untuk menuju ke kawah upas para pengunjung harus berjalan kaki agak jauh dan melewati jalan yang agak terjal dan berbatu, tetapi harus berhati-hati jika dimusim hujan karena jalanannya akan menjadi licin.
- Kawah Domas
Kalau Kawah Domas ini agak berbeda dengan kedua kawah sebelumnya. Dikawah Domas para pengunjung tempat wisata bisa turun langsung ke daerah kawah. Paling sering sih disana para pengunjung merebus telur mentah di air belerang yang masih panas, setelah mateng langsung santap deh..

Untuk melakukan wisata alam ke gunung tangkuban perahu sebaiknya pada musim kemarau, karena saat musim hujan di lokasi wisata tersebut sering turun kabut sehingga mengganggu pemandangan kawah gunung tangkuban perahu.
Informasi mengenai harga tiket tahun 2016:
• Hari Biasa tiket masuk Rp 20.000/orang
• Wisatawan Asing Rp 200.000/orang
• Sepeda Motor Rp 12.000
• Mobil. Rp 25.000
• Bus. Rp 110.000
Untuk Hari Libur harga berbeda tahun 2016:
• Hari Libur harga tiket Rp 30.000/orang
• Wisatawan Asing Rp 300.000/orang
• Sepeda Motor Rp 17.000
• Mobil. Rp 35.000
• Bus Rp 150.000
Bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi wisata Gunung Tangkuban Perahu?. Sekarang kita berlanjut ke Wisata Alam Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi berikutnya .



2. Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih merupakan sebuah tempat wisata yang terletak didaerah Ciwidey kabupaten Bandung. Ditempat wisata Kawah Putih kita dapat menikmati pemandangan berupa sebuah danau belerang yang cukup besar dan danau tersebut terkadang terlihat berwarna hijau dan kadang terlihat biru, perubahan warna pada danau tersebut dikarenakan perubahan kadar belerang yang ada pada danau tersebut. Danau di kawah putih ini terbentuk akibat letusan dari gunung Patuha. Tempat wisata satu ini dinamakan Kawah Putih mungkin karena tanahnya yang berwarna putih akibat bercampur dengan belerang.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

Suhu udara di kawah putih juga sangat dingin,jika anda berkunjung ke wisata kawah putih ciwidey sebaiknya tidak lupa untuk membawa jaket yang tebal. Kalau perlu bawa masker juga karena bau belerang di tempat wisata Kawah Putih itu sangat menyengat.
Untuk harga tiket masuk Wisata Kawah Putih Ciwidey (tahun 2016) sebagai berikut :
- Tiket masuk hari biasa dan hari libur adalah Rp 18.000/orang
- Parkir atas ( dekat kawah ) Rp 150.000
- Parkir bawah :
   Roda dua.   : Rp 3.000
   Roda empat: Rp 6.000
   Roda enam : Rp 25.000
Yang dimaksudkan dengan parkir bawah adalah parkir dibawah gunung yang masih jauh dari lokasi wisata atau tepatnya didekat gerbang masuk. Perlu pembaca ketahui bahwa dari gerbang masuk wisata kawah putih kita masih harus menempuh jalan menanjak yang lumayan jauh untuk sampai di kawah. Kalau parkir atas adalah kita bisa membawa kendaraan sendiri sampai ke atas dan parkir dekat kawah putih tujuan kita. Tapi para pengunjung yang parkir bawah gak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan kendaraan untuk mengangkut para penumpang untuk naik ke daerah kawah dengan tarif Rp 15.000/ orang. Kalau saran saya sih jika anda membawa kendaraan sendiri dan jumlah orangnya banyak lebih baik memakai parkir atas jadi khan tarif parkirnya bisa patungan , jadi tidak memberatkan kantong . Untuk jam operasional Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey buka setiap hari dari jam 7.00 sampai dengan 17.00. Cukup itu saja informasi dari saya mengenai wisata Kawah Putih Ciwidey, sekarang kita lanjutkan tempat wisata alam Bandung berikutnya yang wajib anda kunjungi .


No comments:

Post a Comment