Friday, June 10, 2016

Tempat Pemandian Air Panas Sari Ater atau Ciater Subang

Tempat Pemandian Air Panas Sariater Subang .

www.wisataaku.id - Sariater atau biasa orang sebut dengan Ciater merupakan salah satu tempat wisata berupa pemandian air panas alami. Tempat wisata yang satu ini terletak di daerah Subang, banyak orang lebih menyangka kalau Sariater atau Ciater itu terletak didaerah Lembang padahal sebenarnya lokasi tersebut sudah masuk ke wilayah Kabupaten Subang. Mungkin orang bisa menyangka begitu karena letak keberadaan Sariater yang tidak jauh dari lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu dan juga tepat berada di perbatasan antara Lembang dan Subang. Sumber air panas yang ada di wisata sariater atau ciater ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu . Suhu air disana kira-kira berkisar antara 40 sampai 45 celcius.

Wisata Sariater atau Ciater
Sariater atau Ciater

Tempat berendam air panas sariater atau ciater .

Didalam sariater atau ciater kita bisa memilih apakah kita mau berendam di tempat yang alami atau diluar kolam khusus yang berbayar. Kalau mau berendam air panas ditempat umum alias gratis ya kita tinggal berendam saja di air terjun atau kolam kecil seperti foto dibawah ini :

tempat berendam di ciater
Tempat Berendam Sariater

Kalau mau tempat yang lebih private dan lebih enak sih saya sarankan untuk berendam di kolam renang khusus yang berbayar. Untuk berendam di kolam yang terbesar dan terbagus disana dikenakan tarif tiket masuk kolam rendam sebesar Rp 80.000-90.000/orang. Jika di rasa terlalu mahal anda juga bisa memilih kolam yang lebih sederhana dengan tiket masuk antara Rp 30.000-Rp 50.000/orang. Salah satu contoh kolam renangnya seperti foto dibawah ini :

kolam rendam air panas sariater
Kolam Rendam Sariater

Di sariater atau ciater kita tidak hanya bisa berendam disana juga ada beberapa permainan lainnya seperti outbond, sepeda air, berkuda, memanah dan bisa juga kalau kita ingin berkemah.  Untuk tiket masuk ke lokasi wisata ciater kita diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 (harga tidak termasuk kolam rendam dan permainan).
Konon menurut orang air panas di ciater itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan juga melancarkan peredaran darah juga menyembuhkan reumatik jika dilakukan terapi rutin.

Rute Jalan Menuju Tempat Wisata Sariater atau Ciater .
Untuk rute jalan menuju ke Sariater cukup mudah karena jaraknya hanya sekitar 7-8 km dari Wisata Gunung Tangkuban Perahu ,jadi mudah anda tinggal lurus lagi aja dari tangkuban perahu. Bagi anda yang menggunakan angkutan umum tinggal naik angkutan umum jurusan Lembang dan turun di terminal Lembang, dari terminal Lembang tinggal naik mobil jurusan Subang dan turun langsung di Lokasi Wisata Sariater atau Ciater. Setelah berendam mungkin anda bisa jalan-jalan ke beberapa tempat wisata alam bandung yang wajib anda kunjungi.


No comments:

Post a Comment