Saturday, August 13, 2016

Wisata Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi

www.wisataaku.id - Kota Jakarta merupakan salah satu kota di indonesia yang paling padat penduduknya, sehingga otomatis rutinitas penduduknya bisa dibilang hampir tidak pernah berhenti. Maka itu ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kota Jakarta merupakan kota yang tidak pernah tidur mungkin hal ini disebabkan di  Jakarta ini walaupun sudah tengah malam rutinitas penduduk pun masih banyak yang berjalan.

Wisata Jakarta
Jakarta

Seiring banyaknya rutinitas anda yang tinggal di kota jakarta tentu rasa stress anda juga pasti tinggi. Untuk menghilangkan stress tentunya anda perlu yang namanya wisata. Jika anda ingin melakukan wisata supaya tidak  stress , anda tidak perlu ke tempat-tempat yang jauh seperti wisata bandung , wisata bogor atau lainnya. Ternyata di jakarta juga sudah terdapat banyak tempat wisata yang asik untuk anda kunjungi.
Ini dia beberapa tempat Wisata Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi diantaranya sebagai berikut :

1. Monumen Nasional atau Monas
Tentunya wisata yang harus anda kunjungi pertama adalah Monumen Nasional atau biasa kita sebut dengan Monas. Banyak juga para wisatawan dari luar kota yang sengaja datang ke jakarta untuk melihat Monas, jadi jika anda sendiri sebagai penduduk jakarta rasanya belum afdol jika belum mengunjungi Monas. Cukup dengan harga tiket Rp 20.000/orang anda sudah bisa menikmati suasana taman disekitar Monas yang sangat luas. Jika anda ingin melihat pemandangan seluruh kota jakarta, anda bisa naik keatas tugu monas dengan mambayar lagi tiket seharga Rp 7500/orang. Diatas tugu Monas sudah dilengkapi dengan empat buah teropong yang bisa pengunjung gunakan untuk melihat indahnya kota jakarta dari atas ketinggian.

Monumen Nasional
Monumen Nasional/Monas

2. Taman Impian Jaya Ancol
Didalam Taman Impian Jaya Ancol sendiri juga sudah terdapat banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi diantaranya seperti :
- Pantai 
Di dalam kawasan Ancol terdapat beberapa pantai yang bisa anda kunjungi seperti Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok,dan masih ada beberapa pantai lainnya.

Pantai Ancol
Pantai Ancol

- Dunia Fantasi atau Dufan
Di Dunia Fantasi ini banyak terdapat wahana permainan yang cukup menarik baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Untuk anda yang pemberani anda bisa juga menaiki permainan yang sangat memicu adrenalin.

Dunia Fantasi
Dunia Fantasi / Dufan

- Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra ini dulunya disebut Gelanggang Samudra. Ocean Dream Samudra ini anda bisa membawa anak-anak anda untuk menonton beberapa atraksi dari binatang seperti pertunjukan singa laut, pertunjukan lumba-lumba, berang-berang dan lainnya. Tersedia juga beberapa tontonan menarik lainnya di Ocean Dream Samudra seperti Museum Samudra, Ocean Butterfly, Cinema 4D. Untuk lebih lengkap penjelasan bisa lihat diartikel yang saya share sebelumnya yang berjudul  Ocean Dream Samudra Ancol.

Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra Ancol

- Sea World
Didalam kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol terdapat akuarium raksasa yaitu Sea World dengan luas wilayah sekitar kurang lebih dua hektar. Di Sea World anda bisa berwisata dan mengenalkan pada anak anda mengenai kehidupan berbagai macam biota laut. Untuk penjelasan selengkapnya anda bisa lihat di artikel saya sebelumnya yang berjudul Informasi Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol.

Sea World
Sea World Ancol

- Kereta Gantung atau Gondola
Dengan menaiki Kereta Gantung atau Gondola anda bisa melihat seluruh lokasi kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol . Panjang perjalanan menaiki Gondola ini kurang lebih sekitar 2,5 km dan bisa ditempuh sekitar 20 menit.

Gondola Ancol
Gondola Ancol

- Dan masih banyak lagi permainan atau tempat untuk anda kunjungi didalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol

3. Taman Mini Indonesia Indah atau TMII
Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat wisata yang memberikan gambaran tentang kebudayaan negara indonesia dimana didalamnya terdapat berbagai macam rumah adat yang ada di negara kita. Selain wisata adat TMII juga menyediakan berbagai wahana permainan seperti istana boneka, kereta gantung atau gandola dan lainnya. Selain itu jika anda berwisata ke taman mini indonesia indah anda bisa mengenalkan kepada anak anda mengenai berbagai macam tempat ibadah keagamaan di indonesia. Untuk lebih lengkapnya seperti tiket masuk dan tiket wahana permainan bisa lihat di artikel sebelumnya yang berjudul Wisata Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

4. Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan ini merupakan kebun binatang pertama yang ada di indonesia dan juga merupakan kebun binatang terbesar di negara kita. Kebun binatang ini berada di daerah Pasar Minggu , Jakarta Selatan. Di kebun binatang ragunan ini setiap minggu dan saat libur hari besar selalu dipenuhi banyak sekali pengunjung, banyak sekali orang tua yang dengan sengaja membawa anak mereka untuk melakukan wisata ditempat yang satu ini ,hal ini supaya bisa mengenalkan kepada anak mereka mengenai berbagai jenis satwa. Selain melihat binatang anda juga bisa menikmati wisata hutan tropis mini yang berisikan kurang lebih 50.000 pohon yang ada di kawasan kebun binatang ragunan ini. Untuk tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak. Harga tiket tersebut diambil dari website resmi kebun binatang ragunan di www.ragunanzoo.jakarta.go.id .

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Untuk luas wilayah dari kebin binatang Ragunan kurang lebih adalah sekitar 145 hektar, di kebun binatang ini jika pagi hari sering juga digunakan oleh warga jakarta untuk lari pagi ,karena jika pagi hari udara di kebun binatang ragunan ini masih sangat sejuk. Tunggu apalagi segera ajak keluarga anda untuk mengunjungi kebun binatang ragunan.

5. Kawasan Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Di kota tua ini kita dapat menikmati wisata sejarah,karena di kota tua ini terdapat banyak bangunan bersejarah jaman dahulu.

Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta

Banyak sekali para penggemar fotografi yang melakukan kegiatan berfoto di Kawasan Kota Tua ini. Bangunan bersejarah yang ada di kota tua diantaranya seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Seni Rupa, dan masih banyak lainnya. Selain melihat gedung bersejarah para pengunjung juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi seluruh Kawasan Kota Tua Jakarta.

6. Pulau Tidung
Untuk anda yang tinggal dijakarta jika ingin menikmati pantai yang indah tidak perlu jauh-jauh ke Kepulauan Raja Ampat Papua , cukup ke Pulau Tidung saja, memang pantainya kalah indah dengan papua tapi menurut saya masih lebih bagus dari Pantai Tambakrejo Blitar , jadi cukup asiklah untuk kita kunjungi.
Pulau Tidung juga adalah salah satu tempat wisata jakarta yang wajib anda kunjungi berikutnya. Pulau Tidung merupakan salah satu dari pulau yang ada di kepulauan seribu kota jakarta. Di Pulau Tidung para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai pasir putih dan juga menikmati beberapa wahana permainan air lainnya.

Pulau Tidung
Pulau Tidung Jakarta

Pulau Tidung terdapat dua pulau yaitu pulau Tidung Besar dan juga Tidung kecil, kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang oleh para penduduk setempat diberi nama Jembatan Cinta. Menurut Mitos yang beredar di masyarakat bahwa jika ada pasangan yang melintasi jembatan tersebut maka hubungan pasangan tersebut akan langgeng sampai ke jenjang pernikahan. Selain Jembatan Cinta para pengunjung juga bisa mencoba permainan air diantaranya Banana Boat, Water Sofa, Naik perahu Kano, Snorkeling, Diving dan masih banyak lainnya. 
Untuk menuju ke Pulau Tidung anda bisa naik kapal dari Ancol atau dari pelabuhan Muara Angke.

7. Pulau Bidadari
Pulau Bidadari juga sama merupakan salah satu pulau yang berada di kepulauan seribu jakarta. 

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari Jakarta

Hal yang berbeda dari kepulauan seribu lainnya Pulau Bidadari ini memiliki resort terapung dipinggir pantai sehingga jika dilihat mirip seperti perkampungan nelayan. Beberapa hal yang bisa anda nikmati jika berwisata ke Pulau Bidadari diantaranya bermain Banana Boat, Memancing, Diving, bermain dipantai, Naik  Kano, Berinteraksi dengan Lumba-lumba dan juga melihat Benteng bersejarah peninggalan jaman Belanda. Jika ingin mengunjungi Pantai Bidadari anda bisa naik perahu dari Pantai Marina Ancol.

8. Museum Fatahillah
Museum Fatahillah merupakan salah satu objek wisata sejarah yang juga wajib anda kunjungi karena museum ini juga merupakan salah satu saksi bisu perjuangan bangsa kita ketika melawan penjajahan Belanda.

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah Jakarta

Museum Fatahillah ini terletak di jl.Taman Fatahillah no.1 Jakarta Barat ,tepatnya masih di area Kota Tua Jakarta. Bangunan museum Fatahillah terdiri dari 3 lantai diantaranya :
- Lantai Dasar yang berisikan benda-benda peninggalan belanda seperti patung, keramik, prasasti, dan lainnya. Terdapat juga peninggalan kerajinan Betawi seperti Dapur Betawi jaman dulu.
- Lantai Dua yang berisikan barang perabotan peninggalan Belanda seperti Lukisan , tempat tidur , dan dilantai dua ini juga terdapat banyak jendela besar yang konon merupakan tempat pimpinan VOC dulu melihat pelaksanaan hukuman mati.
- Lantai Bawah Tanah yang pada jaman penjajahan Belanda digunakan sebagai ruangan penjara.

9. Pantai Marina Ancol
Pantai Marina ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang letaknya masih berada didalam kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Selain sebagai tempat wisata Pantai Marina juga merupakan dermaga untuk anda yang ingin mengunjungi pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu jakarta.

Pantai Marina Ancol
Pantai Marina Ancol

10. Tanah Abang Jakarta
Tanah Abang ini merupakan pusat fashion terbesar di indonesia. Tanah Abang merupakan tempat wisata belanja pakaian yang sangat lengkap didaerah jakarta. Di tanah abang jakarta ini menyediakan berbagai macam pakaian baik dewasa maupun anak, busana muslim, dan masih banyak lainnya. Di tanah abang ini para pengunjung akan mendapatkan barang yang dicari dengan harga yang murah baik grosir ataupun eceran. Tanah Abang Jakarta ini juga merupakan pusat tekstil atau tempat belanja kain terlengkap yang ada di jakarta.

Tanah Abang Jakarta
Tanah Abang Jakarta

11. Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini juga merupakan salah satu tempat wisata jakarta yang wajib anda kunjungi berikutnya. Tempat wisata satu ini menyajikan sebuah danau yang sekelilingnya terdapat hutan mangrove. Luas tempat wisata Alam Angke Kapuk ini kurang lebih sekitar 90 hektar.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini berada di dalam kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk yang beroperasional dari jam 08.00-18.00 dengan tiket masuk seharga Rp 20.000/orang. Jika anda ingin menginap kawasan wisata ini juga menyediakan tempat khusus untuk penginapan pengunjung. Jika anda senang berfoto saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi tempat ini ,karena wisata Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini memiliki banyak spot yang bagus untuk berfoto.

Tempat-tempat wisata diatas tersebut menurut admin merupakan wisata jakarta yang wajib anda kunjungi. Jika anda mengetahui atau ingin memberi masukan mengenai tempat wisata yang menarik lainnya di jakarta silahkan memberikan masukan pada kotak komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment