Tuesday, October 4, 2016

Wisata Sendang Geulis Kahuripan Mata Air Cantik di Bandung

Wisata Mata Air Sendang Geulis Kahuripan Bandung

www.wisataaku.id - Kali ini Wisata Aku akan kembali membahas mengenai salah satu tempat wisata yang masih berada didaerah kabupaten Bandung yaitu Sendang Geulis Kahuripan. Sendang Geulis Kahuripan merupakan salah satu tempat wisata bandung berupa sebuah kolam mata air alami , dimana air di dalam kolam tersebut sangat jernih sekali sehingga sangat asik jika anda gunakan untuk berendam atau berenang. Akan tetapi mata air di Sendang Geulis ini hanya air biasa bukanlah air panas belerang seperti di tempat pemandian air panas Sari Ater atau Ciater Subang.Nama Sendang Geulis Kahuripan ini diambil dari bahasa sunda karena letaknya yang berada di tanah sunda yang jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai berikut , Sendang itu berarti sumber mata air atau danau yang terdapat dipegunungan atau perbukitan, kalau geulis itu dalam kata sunda artinya Cantik sedangkan kalau Kahuripan itu berarti Kehidupan . Kalau kita gabungkan semua kata tersebut Sendang Geulis Kahuripan memiliki makna Sumber mata air di gunung yang cantik dan memberikan kehidupan, mata air ini juga difungsikan oleh warga sekitar sebagai air untuk dikonsumsi sehari-hari juga untuk mengairi area persawahan, mungkin itulah air sumber kehidupan. Sungguh suatu nama yang indahkan ? Tidak hanya namanya saja yang indah tapi tempat wisata satu ini jika dilihat juga memang betul indah , kenapa admin bisa sebut indah tentu ada alasannya ?. Jika kita lihat sekitar lokasi tempat wisatanya sumber mata air Sendang Geulis Kahuripan ini di kelilingi oleh area perbukitan dengan udara yang sejuk dan juga hamparan pesawahan hijau yang terbentang luas, sehingga akan membuat pengunjung untuk berlama-lama jika berendam atau bermain di lokasi wisata yang satu ini.

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan

Apa yang bisa dilakukan di Sendang Geulis Kahuripan

Tentu anda ingin tau dong apa saja fasilitas ditempat wisata Sendang Geulis Kahuripan dan jika sudah disana apa saja yang bisa anda lakukan ?. Untuk fasilitas yang ada di Sendang Geulis Kahuripan cenderung sama dengan tempat wisata lainnya seperti tempat wisata situ patenggang dan juga lainnya ,umumnya itu ada seperti tempat membeli makanan disaat kita lapar dan haus , ada juga tempat parkir yang cukup memadai untuk para pengunjung , tempat beristirahat jika kelelahan berjalan dan tentunya toilet juga ada dong. Lantas apa yang bisa anda lakukan disana ? . Jika anda sudah di Sendang Geulis tentunya yang pasti anda lakukan ada bebas untuk berendam dan juga berenang di danau Sendang Geulis , dan satu hal lagi yang perlu pengunjung tau adalah disini anda bisa bebas berfoto jadi ada baiknya jika anda membawa kamera yang bisa memotret didalam air , sayang khan jika anda sampai melewatkan tempat yang airnya dangat jernih ini untuk berfoto. Dan konon menurut mitos di masyarakat yang tinggal didekat Sendang Geulis menurut kepercayaan turun temurun masyarakat sana mempercayai bahwa jika berendam disana bisa memperhalus kulit dan juga membuat kita selalu terlihat awet muda . Jadi ya jika anda ingin selalu terlihat awet muda tidak ada salahnya untuk mencoba berendam di Sendang Geulis Kahuripan atau ada juga yang menyebutnya Talaga Cikahuripan juga Sira Cai Kahuripan .

Berenang di sendang geulis kahuripan
Berenang di Sendang Geulis Kahuripan

Lokasi dan harga tiket masuk Sendang Geulis Kahuripan .
Untuk tiket masuk ke Sendang Geulis Kahuripan bisa dibilang cukup murah meriah karena anda cukup membayar Rp 10.000/orang , harga yang sangat murah khan di bandingkan dengan tiket masuk ke Wisata Kawah Putih Bandung. Lokasi Alamat dari Sendang Geulis Kahuripan ini ada di Ganjarsari - Cikalong Wetan , Kabupaten Bandung Barat .Satu hal ada jika anda ingin berlibur kesana ada beberapa tips dan saran yang akan admin kasih tau untuk para pembaca :
- tentunya jangan sampai membaca kamera yang bisa memotret dalam air , sayang jika moment didalam air cikahuripan tidak diabadikan .
- ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata dan buanglah sampah pada tempatnya.
- patuhilah segala aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola wisata
- jangan lupa membawa baju ganti ,karena di sana akan pasti akan basah-basahan.
Itulah beberapa tips untuk para pembaca. Untuk akses jalan menuju sendang geulis kahuripan anda bisa keluar di gerbang tol padalarang lalu menelusuri jalan kearah Cikampek untuk bisa menuju ke lokasi Cikalong Wetan, Bandung Barat .  Akan tetapi jalur jalan setelah dekat lokasi wisata agak berbatu dan juga jalannya sedikit sempit jadi perlu lebih berhati-hati , menurut saya sih paling asik kalau anda menggunakan kendaraan roda dua. Untuk destinasi wisata selanjutnya misalnya jika anda ingin ke wisata lainnya mungkin bisa berkunjung ke Wisata Curug Malela Bandung Barat karena letaknya yang masih satu kabupaten bandung .Sekian informasi dari admin wisata aku mengenai tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan, semoga bisa bermamfaat.

1 comment: