Tuesday, October 11, 2016

Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung

Keindahan Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang

www.wisataaku.id - Kali ini wisata aku akan kembali membahas mengenai salah satu tempat wisata bandung yang pernah dijadikan judul dari sebuah lagu sunda, jika anda sering mendengarkan lagu sunda tentu pasti akan bisa menebak kira-kira tempat wisata mana yang admin maksudkan. Lagu sunda yang admin maksud berjudul " Situ Ciburuy ". Situ Ciburuy tidak hanya sekedar dari sebuah judul lagu saja, akan tetapi tempat sesungguhnya memang kenyataannya ada . Tempat Wisata Situ Ciburuy berada di daerah Padalarang Bandung masih sejalur dengan Wisata Mata Air Sendang Geulis Kahuripan yang pernah admin bahas pada artikel sebelumnya . Untuk menuju tempat wisata situ ciburuy ini anda tinggal keluar saja di gerbang tol Padalarang dan tinggal mengambil jalan kearah cianjur sejauh kurang lebih satu kilometer saja anda sudah sampai di lokasi wisata .

Wisata Situ Ciburuy
Wisata Situ Ciburuy

Tempat wisata Situ Ciburuy ini berada di Desa Ciburuy - Kecamatan Padalarang , jika anda pernah ke jakarta melalui Padalarang ( via jalur jalan biasa bukan tol ) pasti pernah melewati lokasi wisata satu ini. Situ Ciburuy merupakan sebuah Danau yang sangat luas kurang lebih sekitar 25 hektar dan di danau tersebut sudah disediakan sarana untuk berwisata seperti menelusuri danau dengan menaiki perahu , melakukan kegiatan bersepeda air sambil menikmati suasana sekitar danau yang berupa pegunungan dan juga perbukitan yang sangat indah. Tempat ini dulunya merupakan peninggalan dari jaman raja terdahulu yaitu Prabu Siliwangi , pada saat ini situ ciburuy dijadikan sebagai tempat beradu kesaktian dari para jawara dari pulau Jawa. Karena tempat tersebut merupakan peninggalan jaman Prabu Siliwangi maka ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Apa saja sih mitos dari Situ Ciburuy mari kita simak dibawah ini :

Tempat wisata situ ciburuy padalarang
Situ Ciburuy Padalarang

Mitos Mengenai Situ Ciburuy Padalarang

Walaupun saat ini Situ Ciburuy Padalarang ini sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata seperti sudah banyaknya tempat berjualan makanan dan banyaknya fasilitas wisata lainnya bahkan fasilitas wisata yang ada di Situ Ciburuy tidak kalah dengan Tempat Wisata Situ Patengang tetap saja mitos yang beredar di masyarakat sekitar Situ Ciburuy masih di percaya sampai sekarang ini . Beberapa mitos mengenai Situ Ciburuy diantaranya :
- Ikan di Situ Ciburuy sulit di pancing
Didalam lagu sunda yang berjudul Situ Ciburuy didalamnya terdapat kata-kata " Situ Ciburuy, Lauk na Hese di Pancing " kata tersebut jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia artinya Situ Ciburuy, ikannya sulit dipancing hal ini dikarena memang adanya mitos seperti itu dari jaman dulu tetapi konon yang dapat memancingnya hanyalah pribumi setempat atau hanya warga asli kampung Ciburuy yang dapat memancingnya. Tapi itu hanya sekedar mitos tapi jika anda berkeinginan untuk mencoba memancingnya silahkan saja.
- Terdapatnya Pusaran Air di Situ Ciburuy
Walaupun air di Situ Ciburuy selalu terlihat tenang konon pernah ada yang pernah melihat pusaran air ditengah danau, akan tetapi kemunculan pusaran air ini sampai saat ini belum pernah ada yang bisa memprediksi benar atau tidaknya.
- Jika di Situ Ciburuy Tidak Boleh Pacaran
Ada kepercayaan yang turun-temurun dari warga sekitar yang katanya jika ada pasangan yang sedang berpacaran dan mengunjungi Situ Ciburuy maka hubungan asmara mereka tidak akan bertahan lama, namanya juga mitos anda boleh percaya boleh juga tidak , kalau admin sendiri sih tetap akan mengunjungi tempat wisata tersebut yang penting kita harus selalu berlaku sopan dan jika pacaran sewajarnya saja jangan berlebihan ditempat umum.
Berikut diatas adalah mitos yang paling sering beredar di masyarakat mengenai Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang.

Situ Ciburuy Bandung
Situ Ciburuy Bandung

Harga Tiket Masuk Situ Ciburuy
Menurut admin tempat wisata Situ Ciburuy merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika kedaerah bandung karena selain tempatnya yang mudah untuk di telusuri juga harga tiketnya yang bisa di bilang sangat murah. Jika anda melakukan wisata ke daerah bandung seperti Wisata Kawah Putih Bandung akan akan mengeluarkan biaya yang cukup besar , tetapi jika ke wisata Situ Ciburuy tiket masuknya hanya Rp 7.500/orang . Sarana wisata lainnya seperti sewa perahu hanya berkisar antara Rp 20.000 sampai dengan Rp 60.000 saja, cukup murah khan. 

Kegiatan Adat di Situ Ciburuy Padalarang
Jika anda kebetulan berwisata ke Situ Ciburuy pada bulan Muharam, anda dapat menikmati wisata adat berupa pencucian pusaka peninggalan Prabu Siliwangi seperti Keris dan lainnya. Upacara adat yang sudah dilakukan turun-temurun oleh masyarakat Ciburuy ini dinamakan Upacara Seba. Sekian informasi yang bisa admin Wisata Aku bagikan mengenai Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang , semoga mitos yang beredar disana tidak menjadi penghalang untuk ada yang ingin berwisata.



No comments:

Post a Comment