Saturday, March 12, 2016

Wisata Dusun Bambu Lembang

Pesona Wisata Dusun Bambu Lembang

www.wisataaku.id - Banyaknya lokasi wisata dikawasan Lembang Bandung memang tidak ada habis-habisnya untuk kita telusuri, maklumlah namanya juga Bandung itu kota wisata, tapi gak cuma dikenal sebagai kota wisata juga sih banyak juga orang menyebutnya dengan surga wisata kuliner . Di lokasi wisata yang akan saya bahas sekarang ini juga banyak kok kuliner yang bisa kita nikmati. Tentu mau tau khan nama tempatnya apa ? . Oke deh kita mulai saja ,kali ini yang akan saya telusuri adalah salah satu tempat wisata bandung yang dibuka pada tahun 2014 yaitu Dusun Bambu. Letak alamat lengkap dusun bambu itu di Jl. Kertawangi ,Cisarua. Bandung Barat. 

Baca Juga : Kampung Sampireun Garut

Wisata Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang

Untuk menuju ke wisata dusun bambu lembang ini bisa melalui jalur jl.kolonel masturi. Jika melalui tol untuk ke jl.kolonel masturi ada beberapa jalur jalan yang bisa kita gunakan untuk sampai disana,diantaranya :
* Tol Pasteur---- Ledeng ---- jl.Kolonel Masturi
* Tol Padalarang-- Cimahi --jl.Kolonel Masturi
* Tol Pasteur ---Ledeng -- Lembang --jl.Kolonel Masturi.



Setelah sampai lokasi parkir kita tidak bisa langsung menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pusat Wisata Dusun Bambu Lembang. Karena jarak tempat parkir dan lokasi agak jauh maka kita akan diantar dengan kendaraan khusus untuk mengantar tamu kunjungan namanya ontang-anting (gratis kok gak bayar) . 

Baca Juga : Trans Studio Mall Bandung

Apa saja sih yang ada didalam Dusun Bambu ?

Dusun Bambu merupakan tempat wisata bandung yang didalamnya terdapat restaurant, villa , danau , pasar khatulistiwa dan masih banyak lainnya. Untuk tiket masuk ke tempat wisata Dusun Bambu adalah Rp 15.000/orang (tiket dapat ditukar dengan minuman air mineral) .Wisata Dusun Bambu ini memiliki udara yang sejuk karena lokasinya tepat berada di kaki gunung Burangrang ,Cisarua Lembang. Ketika memasuki kawasan wisata kita akan langsung disajikan keindahan danau seperti dibawah ini:

Foto Saya di Dusun Bambu

restaurant purbasari dusun bambu

Didanau ini selain keindahan tempatnya untuk berfoto ,pengunjung juga bisa melakukan kegiatan bersepeda air dan juga naik perahu. Saung dipinggir danau itu adalah restaurant Purbasari , Purbasari adalah restaurant yang menyajikan makanan khas Sunda, direstaurant ini pengunjung dapat melakukan wisata kuliner sambil menikmati keindahan danau tersebut. Satu Saung bisa memuat 5-6 orang, pasti romantis khan jika menikmati santapan makanan bersama pasangan anda di Purbasari Dusun Bambu ?

Beberapa tempat unik lainnya yang  ada di Dusun Bambu sebagai berikut :

Lutung Kasarung 
Lutung Kasarung adalah tempat peristirahan untuk para pengunjung yang bentuknya menyerupai sarang burung , didalamnya disediakan sofa untuk duduk dan juga meja jadi jika anda sudah capek dan berkeliling pengunjung dapat beristirahat dan juga menikmati makanan dengan sensasi yang berbeda didalam Lutung Kasarung. Nih saya posting fotonya bentuk dari lutung kasarung yang ada di Wisata Dusun Bambu Lembang:

Lutung Kasarung Dusun Bambu


Cafe Burangrang

Tempat asik lainnya di Dusun Bambu adalah Cafe burangrang .Dicafe Burangrang ini pengunjung bisa istirahat sambil berwisata kuliner seperti ngopi atau makan , menu makanan disini juga beragam tapi menu spesial disana itu Ayam Bakar Bambu Betutu , Bebek Bakar Bambu Betutu , dan juga Tape Rangrang. Cafe Burangrang ini cukup besar konon bisa menampung sampai dengan 600 orang . Bentuk tempat cafenya seperti dibawah ini : 

cafe burangrang dusun bambu


Kampung Layung
Tempat Wisata Bandung ini juga memiliki tempat penginapan yaitu Kampung Layung. Kampung Layung yang ada di Dusun Bambu merupakan Villa yang disewakan bagi para pengunjung yang menginap . Villa disana juga sengaja diberi nama yang unik dengan nama tokoh sunda seperti Villa Kabayan , Villa Nyi Iteung , Villa Sangkuriang ,dll.
Contoh bentuk villanya seperti dibawah ini:

Kampung Layung Dusun Bambu

kampung layung dusun bambu lembang

kampung layung dusun bambu

Pasar Khatulistiwa
Pasar Khatulistiwa ini letaknya tepat bersebelahan dengan Cafe Burangrang, Disebut pasar karena banyak diperjualkan barang-barang cenderamata , sayuran dan juga berbagai macam buah-buahan. Sayur dan buah yang dijual dipasar ini dijamin segar dan juga dipastikan bebas kandungan bahan kimia seperti peptisida. Buah dan sayur disini merupakan hasil pertanian organik.


pasar khatulistiwa dusun bambu

Tegal Pangulinan
Tegal Pangulinan bukanlah tempat untuk berjualan makanan ataupun tempat makan akan tetapi hanyalah sebuah lapangan tempat untuk istirahat yang dilengkapi dengan arena untuk bermain anak-anak. Namanya juga "Pangulinan" dalam bahasa sunda itu artinya tolong dimainkan. Tempat ini memang sengaja oleh pengelola tempat wisata dibuat untuk memanjakan anak-anak yang senang bermain, tapi inget jika anak bermain di Tegal Pangulinan tetap harus dalam pengawasan Orang Tua. Lokasinya tepat bersebelahan dengan pasar khatulistiwa.

tegal Pangulinan Dusun Bambu

tegal pangulinan dusun bambu


Sekali info dari wisata aku mengenai Wisata Dusun Bambu
Saya rasa sudah cukup sekian informasinya , semoga bisa menjadi rekomendasi untuk wisata anda dan jangan lupa ikuti terus informasi selanjutnya dari Wisata Aku.

No comments:

Post a Comment