Sunday, March 13, 2016

Curug Cinulang Cicalengka


Keindahan Alam Curug Cinulang Cicalengka

www.wisataaku.id - Setelah beberapa saat yang lalu melakukan perjalanan ke tempat wisata bandung yaitu Dusun Bambu daerah Lembang kali ini kita akan berpindah kewilayah pinggiran bandung yaitu kedaerah Cicalengka. 
Ternyata didaerah Cicalengka ada lokasi wisata yang lumayan cukup menarik untuk di kunjungi. Tempat wisata didaerah tersebut berupa sebuah air terjun yang dinamakan Curug Sindulang atau lebih terkenal dengan nama Curug Cinulang. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50-60 meter.
Dinamakan Curug Sindulang karena letaknya yang berada tepat dikecamatan Sindulang,tetapi orang-orang tetap lebih mengenalnya dengan nama Curug Cinulang.

Curug Cinulang Cicalengka

Baca Juga : Wisata Dusun Bambu Lembang

Akses jalan menuju Curug Cinulang

Untuk Akses jalan menuju tempat wisata Curug Cinulang cukup mudah , jika anda menggunakan mobil dari bandung kota atau jakarta tinggal mengambil akses kelur Tol Cileunyi lalu menuju kearah jalan Rancaekek-Garut . Setelah itu tinggal luruh terus sampai ketemu petunjuk jalan menuju Wisata Aki Enin atau jalan Cabang seperti foto dibawah ini :

Akses Jalan Ke Curug Cinulang

setelah ketemu patokan jalan seperti diatas anda tinggal ambil menuju sebelah kiri /kebawah, setelah 50 meter lalu belok kiri menuju ke jl.Curug Cinulang . Jangan sampai lurus terus karena jika lurus terus akan menuju kembali kearah atas ( kearah Garut ). Setelah berbelok kekiri anda tinggal mengikuti jalan aja kearah atas.
Pemandangan sekitar jalan ke sana juga cukup bagus ,bisa menikmati keindahan kota dari atas ketinggian. Nih saya share fotonya pemandangan diperjalanan menuju Curug Cinulang.

pemandangan sekitar curug cinulang

Bagaimana menurut para pembaca ? cukup bagus khan pemandangan dalam perjalanan menuju ke Curug Cinulang. Selama diperjalanan sebelum sampai di Curug Cinulang kita terlebih dahulu akan menemukan satu tempat wisata juga yang dinamakan Pondok Wisata Aki dan Enin.
Sebelum sampai di Curug kita bahas sedikit mengenai Wisata di Aki dan Enin. Oh iya jika para pembaca masih binggung mengenai jalur jalan menuju kesana bisa coba pelajari dan lihat google maps dibawah ini

 :
Wisata Lain Yang Berdekatan dengan Curug Cinulang Pondok Wisata Aki dan Enin 
Tempat Wisata Aki dan Enin merupakan tempat wisata lainnya yang berdekatan dengan Curug Cinulang . Pondok Wisata ini lebih bagus jika digunakan untuk berwisata keluarga. Tiket masuknya cukup murah kok cuma Rp 10.000 /orang. Pemandangan disana yang bisa kita nikmati itu ada area pesawahan . Kontur pesawahan disana itu sengaja dibuat miring atau biasa disebut terasering. Tiket masuk disana juga sudah termasuk untuk berenang , didalam sana itu ada kolam renang,
Masih ada beberapa fasilitas lain seperti sewa pondok yang disediakan kita ingin menginap . Ada juga sewa organ tunggal dan juga karaoke . Berikut beberapa foto di wisata Aki dan Enin untuk lihat silahkan klik di SINI .

Setelah membahas mengenai Wisata di Aki dan Enin kita kembali melanjutkan perjalanan ke Curug Cinulang. Jarak dari Aki dan Enin untuk ke Curug cukup ditempuh dalam waktu 15 menit . Setelah sampai di Curug Cinulang kamipun membayar tiket masuk . Setelah masuk para pengunjung langsung dapat melihat air terjun curug cinulang dari kejauhan dekat pintu masuk lokasi wisata.
Sampai disana saya kira bakalan mudah untuk mendekati air terjun , ternyata tidak mudah . Kita masih harus berjalan menuruni ratusan anak tangga , saya akui cukup pegal juga . Nih bentuk tangga yang harus kita lalui untuk sampai ke Curug :

Tangga Turun Ke Curug Cinulang

Tapi akhirnya kita putuskan untuk menuruni anak tangga tersebut tapi kalau capek tinggal istirahat dulu di warung dan akhirnya sampai juga di air terjunnya.
Curug Cinulang memiliki dua air terjun yang bersebelahan , pancuran airnya juga sangat deras . Kalau saya lihat air terjun Curug Cinulang itu cukup bagus ,hanya sangat disayangkan kondisi kebersihannya kurang terjaga dan warung warung tempat berjualan juga kurang terawat.
Jika para pembaca blog Wisata Aku ingin melihat foto-foto yang saya ambil ketika melakukan wisata ke Curug Cinulang Cicalengka silahkan klik di SINI

Setelah puas bermain ditempat wisata Curug Cinulang akhirnya tiba saatnya kami untuk pulang , perjalanan pulang pun kita tetap harus kembali menaiki anak tangga untuk kembali keatas. Untuk pengelola tempat wisata tersebut saya sangat berharap agar lebih bisa memperhatikan masalah kebersihannya dan juga para pengunjung atau kalian yang suka berwisata tetap jagalah kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan . Sekian info dari admin Wisata Aku ,semoga bisa bermamfaat.








No comments:

Post a Comment