Monday, April 18, 2016

Tempat Wisata Situ Patenggang


Wisata ke Situ Patenggang Ciwidey

www.wisataaku.id - Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah Lembang Bandung kali ini wisata aku akan membahas lokasi wisata didaerah Bandung Selatan. Lokasi wisata kali ini yang akan kita bahas adalah Situ Patenggang . Tempat Wisata Situ Patenggang berada di Bandung Selatan tepatnya di Ciwidey , letaknya hanya beberapa kilometer dari Tempat Wisata Kawah Putih Bandung . Biasanya jika orang melakukan wisata ke Kawah Putih pasti akan sekaligus mengunjungi Situ Patenggang,hal ini dikarenakan jarak kedua tempat wisata tersebut memang dekat, paling hanya 15 menit sudah sampai. Situ Patenggang merupakan sebuah Danau alami yang dikelilingi oleh perkebunan teh sehingga kondisi pemandangan di danau tersebut menjadi sangat asri. Jika Anda ingin mengunjungi Situ Patenggang maka Anda wajib mengetahui dulu mitos atau asal usul Tempat Wisata Situ Patenggang , mau tau mitosnya ? Mari kita bahas.

Wisata situ Patenggang
Situ Patenggang

Mitos Situ Patenggang Menurut Cerita Yang Beredar.

Siapa yang menyangka jika dibalik keindahan Danau Situ Patenggang ternyata juga terdapat mitos atau cerita yang cukup romantis, memang hampir setiap tempat wisata memiliki cerita ,mitos yang beredar di masyarakat seperti Wisata Gunung Tangkuban Perahu juga ada mitos atau legendanya . Nama Situ Patenggang berasal dari kata dalam bahasa Sunda "Situ" yang berarti Danau sedangkan Patenggang konon diambil dari bahasa Sunda juga dari kata " pateangan " yang berarti Mencari . Menurut cerita yang saya dapatkan dari wikipedia begini : 
Konon dahulu kalau ada sepasang kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis mereka terpisah untuk waktu yang cukup lama, karena cinta mereka yang begitu dalam akhirnya mereka saling mencari satu sama lainnya agar dapat bertemu kembali. Sampai pada suatu hari akhirnya mereka dipertemukan kembali di danau Patenggang tersebut. Dan yang menjadi saksi dari pertemuan mereka adalah Batu Cinta yang sekarang masih ada di lokasi wisata Situ Patenggang.

Batu Cinta Situ Patenggang
Batu Cinta Situ Patenggang

Menurut mitos masyarakat yang sering dibicarakan apabila ada sepasang kekasih yang berkunjung dan mengelilingi Danau Situ Patenggang maka cinta mereka akan abadi sampai ajal menjemput. Namanya juga mitos Anda boleh percaya boleh juga tidak. Banyak juga orang yang menyebut tempat wisata Situ Patenggang dengan sebutan Danau Cinta , hal itu dikarenakan konon jika dilihat dari atas maka bentuk danau Patenggang itu menyerupai Hati atau Love. Karena penasaran benar atau tidaknya saya mencoba untuk melihat bentuknya melalui satelit Google Map dan hasilnya seperti dibawah ini :

google maps situ patenggang

Jika dilihat dari satelit Google maps saya rasa ada benarnya juga ,memang bentuknya seperti hati tetapi para pembaca dapat menilai sendiri . Untuk menuju lokasi wisata Situ Patenggang cukup mudah akses jalannya Anda tinggal keluar dari gerbang tol Kopo , setelah ini tinggal lurus saja terus menuju arah Soreang dan menuju ke daerah Ciwidey. Jika sudah bertemu lokasi wisata Kawah Putih tinggal lurus lagi aja sekitar 15 menit pasti Anda akan sampai di Situ Patenggang.

Wisata Kuliner di Situ Patenggang Ciwidey
Kalau bicara soal kuliner yang ada di situ patenggang paling ada disana cuma warung-warung yang menjajakan makanan seperti jagung rebus , jagung bakar, ketan bakar dan makanan ringan lainnya, tapi jika anda ingin melakukan wisata kuliner yang enak dan bisa sambil menikmati pemandangan yang bagus disekitar situ patenggang mungkin admin akan rekomendasikan untuk mengunjungi Glamping Lakeside Rancabali dan Pinisi resto Ciwidey , lokasinya masih disekitar patenggang .
Cukup sekian informasi dari saya mengenai tempat wisata Situ Patenggang , semoga bisa menjadi rekomendasi untuk wisata Anda .


No comments:

Post a Comment