Sunday, May 29, 2016

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Yang Legendaris di Bandung

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Bandung

wisataaku.id - Berbicara soal Bandung paling banyak orang lebih mengenalnya dengan banyak tempat wisata kuliner, padahal masih ada wisata alam yang cukup indah untuk kita kunjungi salah satu tempat wisata alam di bandung yang cukup populer yang akan kita bahas sekarang adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi para wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. Gunung ini letaknya sekitar 20 Km dari pusat kota Bandung tepatnya didaerah Lembang . Gunung Tangkuban Perahu juga merupakan salah satu gunung yang masih aktif dengan ketinggian 2.085 meter diatas permukaan laut. Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki suhu udara yang sangat dingin bahkan dinginnya bisa mencapai 2 derajat celcius jika malam hari. Jadi jika para pengunjung berminat untuk mengunjungi Wisata Gunung Tangkuban Perahu jangan lupa membawa Jaket yang tebal karena suhu udara disana sangat dingin. Konon kata orang Legenda gunung Tangkuban Perahu ini berasal dari legenda Sangkuriang yang menendang perahu dan akhirnya perahu tersebut terbalik dan berubah menjadi sebuah gunung. Jadi jika dari kejauhan maka Gunung Tangkuban Perahu ini terlihat seperti Perahu yang terbalik dan puncaknya tidak seperti puncak gunung pada umumnya. Pada umumnya puncak gunung biasanya terlihat meruncing tetapi lain halnya dengan Gunung Tangkuban Perahu, Puncak Gunung Tangkuban Perahu terlihat memanjang sehingga berbentuk seperti perahu yang terbalik seperti foto dibawah ini :

Gunung Tangkuban Perahu

Apa saja wisata yang ada di Gunung Tangkuban Perahu ?
Di Gunung Tangkuban Perahu kita bisa melihat pemandangan alam berupa Kawah dan juga sambil menikmati udara segar di lokasi wisata. Di Gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga Kawah yang bisa kita kunjungi diantaranya sebagai berikut :

Kawah Ratu 
Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang ada di Gunung Tangkuban Perahu . Untuk menuju kawah ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan yang disewakan oleh pengelola tempat wisata.

Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Kawah Ratu dapat dilihat dari dataran yang lebih tinggi dan disekitar atau disekeliling kawah diberi pagar pembatas dari kayu. Di kawah ratu kita juga bisa melihat asap yang mengepul sebagai tanda bahwa Gunung Tangkuban Perahu merupakan Gungung Api yang masih aktif . Disekitar kawah ratu juga banyak penjual souvenir yang bisa kita beli untuk oleh-oleh dan juga dapat melakukan wisata berkuda disekitar Kawah Ratu. Jika lapar kita juga bisa membeli makanan khas lembang yang banyak dijual disekitar kawah ratu yaitu Ketan Bakar.

Kawah Upas
Kawah Upas ini berada tepat bersebelahan dengan Kawah Ratu.

kawah Upas Tangkuban Perahu

Akan tetapi Kawah Upas biasanya pengunjung nya lebih sedikit dibandingkan dengan Kawah Ratu . Kawah ini bentuknya lebih kecil dan lebih dangkal jika dilihat dari atas. Mungkin yang membuat Kawah Upas ini sedikit pengunjung nya karena jika ingin melihat kawah ini para pengunjung harus berjalan cukup jauh melalui jalan yang terjal dan juga berpasir.

Kawah Domas
Kawah Domas merupakan kawah yang paling rendah di Gunung Tangkuban Perahu.

Kawah Domas Tangkuban Perahu

Kawah Domas ini disekitarnya tidak dipagar seperti Kawah Ratu sehingga para pengunjung bisa bermain tepat dilokasi kawah dan juga dapat menguji panasnya air belerang dikawah Domas tersebut. Dikawah Domas para pengunjung bisa menguji panasnya air belerang dengan cara merebus telur . Jika pengunjung tidak membawa telur bisa beli di penjual yang ada disekitar kawah Domas.

Untuk menuju ke Wisata Tangkuban Perahu Lembang jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa keluar di tol Pasteur lalu menuju ke jalan Djunjunan-pasir kaliki - suka jadi - Setia Budi - Lembang , setelah sampai di perempatan pasar lembang tinggal belok kiri menuju jalan Tangkuban Perahu selanjutnya tinggal lurus terus aja akan sampai di lokasi wisata Tangkuban Perahu.
Jika menggunakan Kendaraan Umum anda bisa naik dari terminal Leuwipanjang jurusan Bandung Indramayu bisa langsung turun di gerbang lokasi wisata Tangkuban Perahu. Setelah lelah berjalan menelusuri tempat wisata di bandung ini yaitu tangkuban perahu paling asik melanjutkan dengan berendam air panas di Tempat Pemandian Air Panas Sari Ater atau Ciater Subang, pemandian air panas alami ini jaraknya juga tidak jauh dari Tangkuban Perahu.
Sekian Informasi dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan wisata ke Gunung Tangkuban Perahu Lembang.

No comments:

Post a Comment